Serba serbi informasi tanpa batasan kategori

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 12 September 2018

Tips Menjaga Semangat Hijrah



Di tahun baru islam 1440 Hijriah ini, banyak dari kita yang bertekad untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Pekerjaan yang lebih baik, gaya hidup yang lebih teratur dan sehat, ataupun masalah ibadah kita kepada Allah SWT. lebih baik dari taun sebelumnya. Sebenarnya kita semua menginginkan tahun yang akan datang lebih baik dari tahun-tahun yang telah berlalu.

Tentu saja hal ini adalah sesuatu yang perlu, agar diri kita dapat berubah menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Namun, ada kalanya kita kehilangan semangat berusaha untuk mencapai perubahan yang kita inginkan, dan merasa diri kita yang seperti ini sudah cukup baik, akibatnya kita kembali ke rutinitas yang kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Lantas, bagaimana cara yang efektif untuk mempertahankan semangat hijrah yang kita miliki saat awal pergantian tahun seperti ini?
Sebenarnya, musuh utama dalam merubah diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi tidak lain adalah diri kita sendiri. Kita telah menemukan zona nyaman dimana kita dapat menjalani hidup dengan rasa aman, tentram, damai, walaupun kita tahu kebiasaan itu mungkin saja berakibat buruk bagi kita di masa yang akan datang, contohnya malas belorahraga, gemar mengkonsumsi makanan manis dan berkarbohidrat tinggi, dan lain-lain. Untuk itu, diperlukan sugesti-sugesti dimana kita akan selalu diingatkan dengan resolusi/tujuan hijrah kita.
Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga semangat hijrah, antara lain
1.      Tulis resolusi kita saat pergantian tahun.
Resolusi ini adalah hal-hal apa saja yang ingin kita capai di tahun yang baru ini. Resolusi sebaiknya ditulis dan diletakkan di tempat-tempat yang sering kita lewati/pandangi, sehingga kita terus menerus bisa membacanya, dan secara tidak langsung mempengaruh pikiran bawah sadar kita, sehingga rasa malas untuk berusaha berubah bisa dikurangi.
2.      Jabarkan cara-cara untuk mencapai resolusi dengan metode jangka pendek.
Kita perlu merinci apa saja hal-hal yang perlu dilakukan untuk dapat mencapai tujuan kita di tahun yang baru. Lulus ujian/skripsi, misal, tentu akan terasa berat apabila kita tidak tahu apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapainya. Namun, bila kita merinci resolusi tersebut menjadi target mingguan/bulanan, tentu akan lebih terasa mudah untuk mencapainya.
3.      Istirahat/Refreshing
Beristirahat sejenak dari beratnya tekanan untuk berubah sangat diperlukan untuk mengisi kembali semangat kita, sambil kita evaluasi kembali apa saja yang telah kita capai selama usaha hijrah tersebut, serta memperbaiki metode yang kita gunakan apabila dirasa tidak cukup efektif. Namun, poin istirahat ini jangan sampai kita jadikan sebagai alasan untuk mengalihkan kita dari resolusi itu sendiri. Sebaiknya, alokasi waktu istirahat ini tidak perlu terlalu lama/sering agar tidak mengganggu proses hijrah.

Selamat tahun baru Hijriah 1440, semoga kita dapat selalu menjadi pribadi yang terus berubah menjadi hamba yang lebih bersyukur, bertaqwa dan dijauhkan dari api neraka. 

0 komentar:

Posting Komentar