Serba serbi informasi tanpa batasan kategori

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 10 September 2018

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Generasi Mendatang



Susahnya hidup yang kita alami dahulu tidak akan terulang pada anak-anak kita besok. Mungkin motivasi itu tertanam di benak kita, berharap keturunan kita menikmati nyamannya hidup yang kita andaikan waktu kecil. Sebenarnya tidak ada yang aneh pada pemikiran tersebut, namun perlu dipikirkan lebih lanjut mengenai baik tidaknya hal itu untuk perkembangan anak-anak kita kelak. 

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya nyaman dalam menjalani aktivitasnya. Tidur di tempat yang nyaman, makan dan minum dengan menu sebaik mungkin untuk menunjang pertumbuhannya, menikmati waktu senggang dan waktu belajarnya, menjalin komunikasi yang baik dengan teman sebayanya, dan lain sebagainya. Untuk mencapai hal tersebut kita tidak segan untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun, apabila kita memberikan semua kemewahan untuk anak kita, bagaimana bila suatu saat segala bentuk kemewahan tersebut tidak tersedia lagi untuknya?

Kita tidak dapat menjamin pendapatan kita selamanya bisa menjangkau kebutuhan-kebutuhan yang standarnya setinggi itu. Siapa yang dapat menjamin bahwa tahun depan, bulan depan, atau bahkan besok kita masih berpenghasilan seperti sekarang? Anak-anak kita tentu akan merasa kesulitan setelah sekian lama menikmati kamar tidur ber AC, antar jemput mobil pribadi, nasi premium, mandi air hangat, lalu tiba-tiba semua kemewahan itu terambil darinya. Berapa banyak cucu-cucu yang homesick ketika mengunjungi rumah neneknya di desa.
Kehidupan yang ideal adalah dimana kita dapat menghargai segala kemewahan itu sebagaimana mestinya, bukan menjadikan kemewahan itu sebagai kebiasaan dan standar hidup minimal, sehingga bila waktunya kemewahan itu datang kita dapat menikmatinya, namun bila kita tidak dapat lagi mendapatkannya, kita tidak perlu merasa kecewa bahkan tidak dapat hidup tanpanya.
Generasi unggul diciptakan dari lingkungan dan sederhana, dan generasi manja diciptakan di istana dengan segala kemewahannya.

0 komentar:

Posting Komentar